yayasan anak indonesia

Yayasan Anak Indonesia adalah yayasan yang berfokus meningkatkan kesejahteraan anak-anak di Indonesia terutama anak-anak dari golongan keluarga tidak mampu. Yayasan ini benar-benar merupakan organisasi non-profit atau nirlaba yang tidak mementingkan bagaimana mendapatkan keuntungan. Yayasan ini murni bersifat sosial membantu meningkatkan kesejahteraan anak-anak.

Banyak warga di Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan. Ekonomi rendah ini tentu saja dapat berdampak langsung pada anak-anak. Anak-anak dituntut untuk ikut bekerja demi membantu pemenuhan kebutuhan keluarga sehari-hari padahal anak-anak seharusnya bebas bermain atau fokus pada pendidikan dasar. Kebutuhan nutrisi serta kesehatan anak pun jadi terabaikan akibat rendahnya perekonomian keluarga. Akibatnya banyak anak dari keluarga miskin memiliki gangguan kesehatan. Kondisi kesehatan yang buruk ini kemudian menjerat kehidupan keluarga semakin terpuruk lagi. Itu sebabnya keberadaan Yayasan Anak Indonesia sangat bermanfaat bagi keluarga miskin dengan anak-anak.

Program-program yang diselenggarakan Yayasan Anak Indonesia mencakup semua aspek kehidupan anak seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Program pendidikan berfokus pada pengembangan pendidikan berkualitas bagi anak-anak dari keluarga miskin. Anak-anak diajarkan berbagai keahlian inovatif yang dapat melengkapi pendidikan dasar anak yang terputus akibat tidak adanya dana untuk melanjutkan pendidikan formal. Selain itu program ini juga memberikan pendidikan non-formal pada anak-anak usia dini yang sesuai dengan tumbuh kembang anak. Jadi walaupun anak berasal dari keluarga miskin, perkembangan motorik dan sensorik anak tetap normal seperti halnya anak-anak dari keluarga berada.

Selain pendidikan, kesehatan dan nutrisi anak juga menjadi fokus utama Yayasan Anak Indonesia. Anak-anak dari keluarga miskin rawan sekali menderita gizi buruk dan penyakit-penyakit yang disebabkan buruknya sanitasi seperti diare. Itu sebabnya yayasan mengadakan program seperti edukasi pentingnya sanitasi dan gaya hidup sehat dalam rumah tangga, program perbaikan gizi pada anak-anak, edukasi pada ibu hamil mengenai kebutuhan gizi untuk anak yang dikandung, dan membangun akses air bersih serta fasilitas MCK yang bersih di area-area pemukiman kumuh dan daerah-daerah terpencil. Dengan edukasi dan perbaikan fasilitas diharapkan kondisi kesehatan anak-anak dan anggota keluarga lainnya bisa lebih meningkat.

Kunci peningkatan kesejahteraan anak adalah peningkatan ekonomi keluarga. Itu sebabnya Yayasan Anak Indonesia juga memiliki program yang bertujuan memberdayakan ekonomi keluarga sehingga anak-anak tidak lagi dieksplor untuk membantu perekonomian keluarga. Ada banyak yayasan anak lain yang bergerak dengan program yang sama dengan program yang dijalankan Yayasan Anak Indonesia contohnya saja Yayasan Anak Bangsa Indonesia, Peduli Anak Foundation dan lain-lain. Yayasan tersebut juga merupakan organisasi nirlaba yang hanya fokus pada kesejahteraan anak bukan mencari keuntungan dengan anak sebagai senjatanya.

Yayasan-yayasan nirlaba semacam ini bisa bergerak karena adanya sumbangan dari para donatur. Donatur ini bisa perorangan maupun kolektif. Kadangkala perusahaan-perusahaan asuransi menjadi sponsorship atau penyokong yayasan karena memang tujuan asuransi sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tujuan yayasan. Yayasan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anak pada khususnya dan keluarga pada umumnya. Begitu juga dengan jasa asuransi yang bertujuan memudahkan keluarga dalam pembiayaan kesehatan dan pendidikan anggota keluarga. Contohnya saja perusahaan asuransi AIA Financial yang memberikan donasi pada Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia guna membantu pengobatan anak-anak penderita kanker yang berada di bawah naungan yayasan, atau perusahaan asuransi MSIG Indonesia yang memberikan donasi pada sekolah-sekolah untuk meningkatkan pendidikan dan fasilitas sekolah dasar.

Yayasan Anak Indonesia dan yayasan-yayasan anak lain adalah organisasi yang sudah seharusnya kita dukung penuh supaya kesejahteraan anak Indonesia semakin terjamin.

Baca juga : Kredit Online Membuat Belanja Online Lebih Mudah

Share ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •