trend fashion terbaru

Pakaian sudah dikenal semenjak manusia mampu berpikir. Sehingga kebutuhan dalam hal melindungi tubuh sudah tidak dapat terelakkan. Seiring perkembangan zaman, pakaian bukan sekadar alat pelindung tubuh, namun sudah sedemikian berubah menjadi media untuk mengekspresikan diri. Sehingga gaya berpakaian dapat mencerminkan kepribadian penggunanya. Perkembangan trend fashion terbaru saat ini adalah akibat perubahan perubahan trend awal yang terjadi.

Lebih dari itu, tren dan mode yang berlaku pada zaman tertentu dapat mencerminkan kondisi sosial yang tengah terjadi. Trend fashion terbaru selalu berubah setiap beberapa dekade sekali, sesuai dengan kondisi dan norma yang berlaku. Berikut perkembangan trend fashion terbaru dari masa ke masa:

 

1920an

Inovasi fashion dimulai pada tahun-tahun ini. Sebelumnya, para wanita menggunakan pakaian victorian style, dengan korset berlapis-lapis yang mengikat. Pada tahun 1920an, wanita mulai menggunakan pakaian yang longgar dan praktis. Gaun dan rok yang digunakan wanita pada era ini dibuat setinggi lutut atau betis.

Gaun yang digunakan tidak lagi membentuk tubuh, melainkan berpotongan lurus. Umumnya, gaun tahun 1920an memiliki ciri khas dengan low-waisted atau jahitannya yang berada di bawah pinggul dan pinggang.

 

1930an

Jika sebelumnya gaun bergaya flapper lebih digandrungi, pada era 1930an justru gaun yang menonjolkan bentuk tubuh lebih populer. Gaun pada era ini lebih mengedepankan bentuk jahitan yang ketat pada bagian pinggang, sehingga lekuk tubuh terlihat lebih jelas.

 

1940an

Perubahan yang drastis terjadi di tahun 40an, di mana perang dunia tengah berkecamuk. Jatuhnya Perancis ke tangan Jerman turut memengaruhi trend fashion terbaru. Pada era ini mode fashion cenderung lebih santai dibanding era-era sebelumnya. Mode yang tengah populer ialah kemeja, celana denim, dan scarf.

 

1950an

Pada era 50an, setelah usai perang dunia, muncul sebuah istilah baru dalam dunia mode; Teddy Boys. Teddy Boys mengekspresikan rasa kesatuan dengan gaya satu set jas berkancing, kemeja sebagai dalamnya, serta bahan beledu (beludru) yang terlihat elegan. Gaya jas ini populer di kalangan remaja ketika itu.

 

1960an

Trend fashion terbaru yang terjadi pada era 60an bertolak belakang dengan mode sebelumnya. Jika sebelumnya pakaian-pakaian berwarna gelap lebih populer, di era 60an justru warna-warna cerah dengan motif floral yang merajai. Bentuk pakaian yang longgar dan beragam aksesori menjadikan mode ini terlihat begitu bebas. Kaum hippie mengadopsi gaya berpakaian demikian hingga kini.

 

1970an

Jika era-era sebelumnya semua seolah sepakat dengan satu gaya mode, kini terbelah menjadi dua kubu. 70an dikenal sebagai era musik disko dan punk. Selera musik itu pula turut memengaruhi trend fashion terbaru pada era tersebut. Mereka yang berkiblat pada musik punk, berpakaian dengan celana ketat, rambut mowhawk ala suku Indian, dengan berbagai aksesoris seperti anting, kacamata hitam, dan emblem.

Mode berpakaian ala disko yang sebenarnya lebih populer di kalangan remaja kala itu. Gaya ini ditunjukkan dengan celana yang lebar di bagian bawah, baju ketat berwarna-warni, serta rambut gondrong. Dua gaya berpakaian di era 70an ini masih populer hingga saat ini.

 

1980an

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh pada trend fashion terbaru. Pada era 80an, radio portabel mulai dikenal masyarakat. Sehingga radio bisa dijinjing ke sembarang tempat. Hal ini berpengaruh pada gaya berpakaian yang populer dengan gaya outdoor atau untuk di luar ruangan, semacam baju olahraga.

Bagi kaum wanita, baju yang digunakan adalah celana dan baju senam ketat, lengkap dengan sepatu kets atau sneaker. Sedangkan kaum lelaki lebih banyak menggunakan celana dan jaket olahraga gombrang. Semua pakaian tersebut penuh dengan warna-warni yang mencolok. Dan tidak lupa menjinjing radio nirkabel.

 

1990an

Tren mode kembali mengalami perubahan drastis. Dari yang semula penuh dengan warna dan cenderung berkiblat ke arah disko, di era 90an mode tersebut benar-benar ditinggalkan. Pada era ini, trend fashion terbaru yang digilai anak muda adalah denim. Celana atau rok berbahan denim dipadukan dengan kaus atau kemeja menjadi trade mark era 90an. Tidak lupa membubuhkan sentuhan jaket olahraga dan denim yang dikenakan atau sekadar dililitkan pada pinggang.

Kendati demikian, pengaruh tren berpakaian era 80an masih terasa. Pakaian dengan warna mencolok masih populer di kalangan remaja. Hanya saja warna yang digunakan tidak sesemarak mode pakaian di era 80an. Namun, tentu saja bahan denim masih menjadi primadona.

 

2000an

Pada awal era 2000an, tren mode era 90an masih cukup terasa. Celana dan jaket denim dengan bentuk gombrang, trucker-hat, bandana, serta sneaker masih berpengaruh. Meski begitu, pakaian-pakaian dengan warna perak menyala sempat populer akibat “demam milenium” yang terjadi di awal abad ini.

Medio 2000an, mode berpakaian 90an mulai ditinggalkan. Kali ini gaya serba gotik mulai disukai. Kaus-kaus dan celana berwarna gelap kembali populer. Gaya berpakaian tersebut disertai potongan rambut berponi yang menutupi dahi, serta mata yang dihiasi eye shadow hitam. Trend fashion terbaru tersebut turut dipengaruhi oleh genre musik emo yang tengah digilai ketika itu.

 

2005-2009

Trend fashion terbaru pada tahun 2005 hingga 2009 seolah mengalami kemunduran. Celana skinny jeans yang sempat populer di era 80an kembali banyak diminati. Celana yang super ketat hingga memperlihatkan bentuk kaki dipadukan dengan kaus atau jaket kulit kembali menjadi mode bagi banyak lelaki. Sedangkan bagi kebanyakan wanita, mode yang populer adalah paduan antara bawahan high-waist, dengan kemeja putih longgar.

 

2010-2016

Pada era ini, trend fashion terbaru yang berlaku semakin mengesankan kebebasan berekspresi. Sekali lagi, kemudahan teknologi memberikan dampak bagi mode berpakaian. Tidak ada ciri khas khusus dalam berpakaian pada tahun-tahun belakangan. Hanya saja, kaus polos, celana atau rok jins, kemeja motif kotak, gaun tunik, legging, flat shoes, sneaker, serta jaket dan sweter sangat digemari. Nuansa monokrom pun sangat kental terasa pada era ini.

Itulah perkembangan tren fashion dari masa ke masa, sungguh menarik bukan?

Baca Juga: Baju Baju Dengan Rating Tertinggi di Toko Online

Share ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •