cloud hosting

Mereka yang bergelut dengan bidang multimedia atau bahkan internet tentunya sudah tidak asing dengan istilah cloud hosting. Meskipun demikian masih banyak pula diantaranya yang belum mengenal istilah tersebut, apa penggunaannya, fungsi yang dimiliki hingga bagaimana cara kerja yang dimilikinya. Untuk mengetahui hal tersebut, simaklah penjelasan berikut ini :

Apa itu cloud hosting?

Cloud hosting dikenal sebagai layanan hosting dan terhubung dengan beberapa jumlah server. Karena itulah bagi para penggunanya tidak perlu merasa khawatir akan kinerja server yang tidak stabil atau bahkan terbatasnya bagian sumber daya pada bentuk hostingan tradisional seperti halnya shared hosting. Selain itu, ia juga dikenal sebagai bentuk baru dari bagian hosting sebelumnya. Ia juga mengusung konsep khusus yang berarti bahwa penggunaan sumber daya ditujukan dalam proses penjagaan website agar tetap terhubung serta tersebar di beberapa bagian web server lainnya yang kemudian dialokasikan menyesuaikan dengan bagian dari jumlah yang dibutuhkan. Sistem ini digunakan untuk mengurangi downtime utamanya jika server mengalami kerusakan.

Istilah cloud hosting digunakan karena terdiri dari sekelompok server yang kemudian melakukan kerjasama dan diibaratkan seperti awan atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Cloud. Jika anda masih kurang paham, maka cobalah untuk melihat Google. Google dikenal sebagai mesin pencari yang menggunakan sistem cloud hosting, hal ini dibuktikan dengan kemudahan dalam proses menempatkan sumber daya menuju beragam bagian lainnya sehingga mesin pencari Google pun tidak mengalami downtime dan dapat berjalan sesuai dengan fungsinya tanpa adanya hambatan.

Bagaimana cara kerja cloud hosting?

Setiap jaringan cloud hosting memiliki tugas serta fungsi masing-masing, karena itulah jika terdapat gangguan pada salah satu server yang dimilikinya, maka server lain pun akan membantu dengan cara menggantikan server yang rusak termasuk mengerjakan setiap tugas yang dimilikinya melalui penyediaan sumber daya yang sesuai kebutuhan. Itulah sebabnya bagian yang satu ini membutuhkan hardware dengan kualitas tinggi agar dapat menjalankan tugas yang dimilikinya dengan lebih baik. Karena jika menggunakan jenis hardware berkualitas rendah, maka bukan tidak mungkin manfaat yang dimiliki cloud hosting justru dihilangkan olehnya. Hal ini jelas merugikan, karena anda membutuhkan biaya tinggi namun justru tidak mendapatkan hasil yang signifikan.

Keunggulan cloud hosting

  1. Menghindari keterbatasan dari fungsi hardware

Hardware yang terdapat di dalam komputer tentunya memiliki batasan tertentu untuk proses penyimpanan data. Namun dengan bantuan cloud hosting, setiap kebutuhan dari penggunaan RAM, kemudian CPU, serta quota hardisk serta seluruh proses yang dimilikinya dapat dipenuhi dengan lebih baik. Sementara itu, jika terjadi peningkatan kebutuhan, maka anda yang menggunakannya pun dapat dengan mudah memperluas kapasitas sesuai dengan apa yang anda butuh dan inginkan. Hal ini dikarenakan setiap perusahaan penyedia layanan hosting tersebut dapat menambah sumber daya yang anda butuh dan inginkan dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Pengeluaran biaya sesuai tingkat kebutuhan

Dengan menggunakan layanan yang satu ini anda tentunya dapat mengatur juga menentukan sumber daya yang anda ingin dan butuhkan dengan lebih tepat. Hal ini berkaitan dengan cara kerja cloud hosting yang memiliki cara pengelolaan sumber daya tersendiri. Sehingga untuk ukuran server termasuk disk space, RAM, atau bahkan sistem operasi yang dimilikinya pun dapat anda bayar sesuai resource yang telah anda gunakan.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai cloud hosting, cara kerja serta keunggulan utama yang dimilikinya.

Baca Juga : Ingin Buat Marketplace? Gunakan VPS Hosting

Share ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •