kredit online
kredit online

Perkembangan platform belanja online seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia ataupun Shopee saat ini makin cepat. Iklan – iklan toko online ini merupakan indikasi seberapa besar pengaruhnya di masyarakat saat ini. Keperluan seperti belanja barang mewah, keperluan elektronik dan bahkan keperluan sehari – hari sudah bisa dilayani secara online. Untuk pembayarannya pilihannya juga banyak. Pembayaran langsung pada kurir setelah diantar, transfer, topup saldo, pembayaran melalui mitra mini market dan pembayaran dengan aplikasi kredit online.

Perkembangan Kredit Online

Pembayaran kredit online ini sudah banyak dimanfaatkan untuk alternatif penggunaan kartu kredit. Di Indonesia kartu kredit penetrasi penggunaannya tidak sebaik di luar negeri. Di Indonesia pembayaran yang paling populer adalah transfer langsung. Transfer langsung ini biasanya digunakan untuk membayar cash.

Walaupun populer, sebenarnya cara pembayaran ini memiliki banyak kelemahan. Berikut adalah beberapa hal yang sering dikeluhkan saat membayar dengan transfer langsung:

  • Jika salah kirim atau terjadi penipuan, transfer yang sukses tidak bisa ditarik kembali

  • Transfer mengharuskan membayar cash, jika uang Anda tidak cukup, Anda tidak bisa membeli barang tersebut

  • Transfer terikat dengan aturan bank masing – masing, jadi jika berbeda bank terkadang ada potongan tertentu.

Hal yang paling disesalkan saat menggunakan transfer langsung adalah hilangnya pilihan kredit. Belanja dengan mencicil tentu akan terasa lebih ringan terutama untuk barang – barang mahal seperti alat elektronik.

Awalnya pilihan kredit hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, masalahnya tidak semua orang berkualifikasi memiliki kartu kredit. Hal seperti tabungan yang tidak mencukupi ataupun pendapatan yang belum mencapai ketentuan merupakan salah satu halangan memiliki kartu kredit.

Untuknya hal ini membuat penyedia jasa kredit online makin berkembang. Penyedia jasa ini bisa datang dari bank, platform toko online dan bahkan berupa aplikasi. Pelayanan yang diberikan memang berbeda tergantung penyediaannya, tapi hal ini sangat membantu bagi yang ingin melakukan kredit saat berbelanja online.

Kredit Online Bank

Untuk kredit online bank, bentuk yang biasa digunakan adalah pelayanan Virtual Credit Card atau VCC. VCC ini adalah penggunaan kartu debit Anda untuk mengganti fungsi kartu kredit saat transaksi online berbasis visa.

Bank yang sudah menyediakan hal ini contohnya adalah CIMB dengan OctoPay, BNI dengan BNI Debit Online dan Mandiri dengan Mandiri Debit Online. Pemotongan langsung dari tabungan secara debit tentu lebih mudah dibanding harus menyediakan cash.

Cara registrasi untuk VCC biasanya dapat dikonfirmasi di bank secara langsung. Jika Anda memenuhi syarat makan VCC Anda bisa langsung digunakan. VCC digunakan dengan memasukkan 16 kode digit saat akan bertransaksi. Kode ini akan dibuat hanya untuk transaksi itu saja, untuk transaksi lain kode harus diminta dan dibuat baru. Kode ini dibuat berdasarkan sms atau akses internet banking. Untuk kode konfirmasi akan menggunakan 3 digit terakhir dari 16 kode digit tersebut.

Kredit Online Platform Toko

Platform toko online juga terkadang menyediakan pilihan pembayaran kredit online. Para toko online biasanya sudah bekerja dengan bank ataupun tempat – tempat pembayaran lain. Registrasi khusus ini biasanya tergantung dari bank yang diajak kerja sama. Cek pilihan ini di toko online langganan Anda karena fitur dan cara penggunaannya terkadang berbeda.

Kredit Online dengan Aplikasi

Aplikasi seperti Kredivo, Akulaku dan Cicil adalah aplikasi pembayaran kredit online yang telah bekerja sama dengan banyak e-commerce dan toko online. Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas pilihan bayar lain bagi yang ingin mencicil walaupun tidak punya kartu kredit. Baca juga : Pengajuan KTA secara online terpercaya

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus mendaftar dengan persyaratan tertentu. Syarat ini bisa berupa batasan umur, dokumen data diri dan pemasukan. Ada diantaranya yang mengharuskan Anda untuk menggunakan aplikasi untuk belanja minimal untuk tetap menjadi member.

Share ke media sosial
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •