vps hosting

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai VPS Hosting. Namun sebelum membahasnya mari kita ulas satu persatu hal-hal yang berkaitan dengan VPS Hosting.

Apa Itu Hosting?

Hosting adalah wadah untuk menyimpan berbagai macam file dan dokumen di internet. Sederhananya,hosting merupakan hardisk yang terdapat di internet.

Apa Itu VPS Hosting?

VPS (Virtual Private Server) merupakan salah satu jenis hosting. Hosting sendiri secara garis besar dibedakan menjadi 3 macam yaitu:

  • Shared Hosting

Hosting yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena harganya murah. Dengan harga 200-300 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkan kapasitas hosting antara 2-7 GB.

Hosting ini cocok digunakan untuk blog pribadi, website sekolah dan toko online tunggal.

Namun biasanya shared hosting tidak dapat menangani traffic yang terlalu ramai. Jika pada suatu waktu traffic website terlalu ramai, maka biasanya website tersebut akan down.

Selain itu Anda akan berbagi IP address dengan website lainnya, sehingga keamanan website Anda harus dipercayakan oleh penyeda shared hosting.

  • Dedicated Hosting

Dedicated Hosting adalah hosting yang harganya sangat mahal. Namun harga yang mahal tersebut sesuai dengan layanan yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda menggunakan dedicated hosting, maka Anda akan mendapatkan IP khusus untuk website Anda, tidak akan ada website lain yang IP-nya sama dengan website Anda

Karena IP atau hosting tersebut hanya digunakan oleh Anda saja, maka website dapat bekerja secaa maksimal (saat dibuka tidak lama, tidak mudah down, keamanan data lebih terjaga).

Penggunaan dedicated website umumnya digunakan untuk situs perusahaan internasional seperti bank, situs badan intelejen negara dan situs yang memilii traffic ramai seperti marketplace (Tokopedia,/Bukalapak).

  • VPS Hosting

VPS Hosting sendiri merupakan hosting yang menengahi antara shared hosting dan dedicated hosting.

Jika Anda menggunakan VPS Hosting maka Anda akan mendapatkan layanan yang hampir mirip dengan dedicated hosting tetapi dengan harga yang murah, meski tidak semurah shared hosting tetapi harga VPS hosting tetap lebih murah dibandingkan dengan dedicated hosting

Manfaat/Fungsi VPS Hosting

Apa saja fungsi VPS Hosting dan mengapa Anda harus menggunakannya?

  • Bebas mengelola server dan cPanelhosting.

Jika Anda menggunakan VPS Hosting dan ingin menjualnya kembali dengan cara dibagi menjadi beberapa hosting, maka Anda bisa membuat username dan password untuk calon pembeli Anda.

Misal Anda memiliki 6GB VPS Hosting maka Anda bisa membaginya menjadi 3 hosting dan tiap hosting bisa memiliki username dan password sendiri.

Jika Anda menggunakan shared hosting, maka Anda tidak bisa membagi hosting dan tidak dapat memberikan username dan password yang berbeda-beda.

  • Tunneling/VPN

Tunneling atau VPN merupakan suatu pengaplikasian/kegiatan di mana website Anda akan mendapatkan alamat IP private meskipun Anda berada di jaringan publik (internet)

Fungsi dari alamat IP Private tersebut adalah untuk menjaga keamanan data pada website Anda.

Jika Anda menggunakan shared hosting, maka Anda tidak dapat melakukan tunneling untuk website Anda. Anda harus mempercayakan keamanan website Anda kepada perusahaan penyedia hosting milik Anda.

  • Lebih tahan banting terhadap traffic yang padat.

Bila dibandingkan dengan shared hosting, maka VPS Hosting lebih tangguh dalam menghadapi traffic website yang terlalu ramai.

Maka, jika Anda hendak membangun marketplace sebaiknya menggunakan VPS hosting. Namun jika Anda hendak membangun toko online tunggal, tidak ada salahnya menggunakan VPS hosting untuk berjaga-jaga agar toko online Anda tidak down.

Baca juga: Membeli Software Online Secara Aman

Share ke media sosial
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •