bpjs ketenagakerjaan on line

Layanan bpjs ketenagakerjaan on line kini mulai membantu para pekerja atau bahkan pegawai yang mengantongi kartu tersebut dengan lebih mudah. Namun sebelum membicarakan mengenai layanan, banyak diantaranya para pekerja atau pegawai yang masih bingung dengan fungsi serta manfaat dari kartu bpjs tersebut. Untuk itu, kali ini penulis akan sajikan beberapa informasi mendasar mengenai bpjs ketenagakerjaan itu sendiri, diantaranya :

Mengenal BPJS Ketenagakerjaan

BPJS ketenagakerjaan merupakan bentuk akumulasi dari beragam undang-undang yang ada di Indonesia, serta peraturan yang berfokus pada bentuk jaminan sosial atau pun proteksi bagi ketenagakerjaan yang ada di seluruh Indonesia. Untuk proteksi serta jaminan social dari tenaga kerja itu sendiri memang menjadi tanggung jawab pihak negara dan tentunya hal ini pun telah diperjuangkan oleh para pekerja serta buruh sejak zaman dulu. Bahkan sebelum layanan bpjs ketenagakerjaan on line terbentuk hal ini telah diurus PT Jaminan Sosial Tenaga kerja yaitu Jamsostek. Hingga akhirnya Jamsostek tersebut pun bertransformasi menjadi BPJS ketenagakerjaan yang tentunya memiliki tanggung jawab secara langsung pada presiden.

Pihak yang mendapatkan perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Seluruh pekerja yang ada di Indonesia tentunya wajib untuk menjadi peserta atau anggota dari BPJS Ketenagakerjaan, termasuk mereka yang bekerja secara formal atau bahkan non formal sekali pun. Bagi mereka yang bekerja di perusahaan, layanan bpjs ketenagakerjaan on line bisa mereka dapatkan melalui proses pendaftaran yang dilakukan oleh pihak perusahaan, sehingga perusahaan tersebut menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran iuran para pekerjanya. Sementara itu, bagi anda atau bahkan para pekerja lain yang melakukan pekerjaan non formal, tentunya dapat mendaftarkan diri sendiri pada BPJS Ketenagakerjaan dan juga melakukan pembayaran sendiri disesuaikan dengan UPM atau Upah Minimum Provinsi.

Tidak hanya warga negara Indonesia saja yang mendapatkan perlindungan dari BJS ketenagakerjaan, layanan dari bpjs ketenagakerjaan on line ini juga turut diberikan bagi WNA atau warga negara asing yang tentunya bekerja di Indonesia dengan waktu paling lama setidaknya sudah 6 bulan.

Pentingnya BPJS Ketenagakerjaan

Layanan dari bpjs ketenagakerjaan on line menjadi bagian penting yang harus diperhatikan oleh para pekerja. Pasalnya hal ini berkaitan dengan program perlindungan secara mendasar serta jaminan untuk masa depan dari para pekerja itu sendiri. Termasuk bentuk perlindungan dari ketidakpastian pada resiko ekonomi, atau pun sosial di masa depan. Seperti halnya pada keadaan sakit, terjadinya kecelakaan kerja, kematian, waktu pensiun, dan lainnya. Dengan program BPJS Ketenagakerjaan, maka beragam hal tersebut pun tidak akan anda tanggung seorang diri melainkan akan dibantu melalui program yang dimiliki oleh BPJS ketenagakerjaan itu sendiri.

Program BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan memiliki setidaknya 5 program utama, dan juga satu program tambahan lainnya yaitu program jaminan pensiun, sementara untuk kelima program yang telah dimilikinya adalah :

  1. Jaminan Hari Tua (JHT)

Program yang satu ini ditanggung oleh pihak perusahaan dengan jumlah 3,7% dari seluruh jumlah iuran yang dimilikinya, kemudian iuran tersebut akan dikumpulkan dan diberikan setelah pekerja memasuki masa pensiun, lebih tepatnya ketika memasuki usia 55 tahun.

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

JKK diberikan sebagai bentuk kompensasi serta bantuan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan ketika hendak bekerja atau bahkan saat hendak pulang ke rumah atau bahkan kecelakaan yang diakibatkan oleh hubungan kerja.

  1. Jaminan Kematian (JK)

Jaminan dengan jumlah Rp 21 juta ini akan diberikan sebagai bentuk santunan kematian.

  1. Bukan Penerima Upah

Program ini umumnya ditujukan bagi pekerja non formal, seperti petani, pedagang, dan lainnya

  1. Sektor Jasa Kontruksi

Dikenal dengan biaya yang lebih tinggi, para pekerja konstruksi juga wajib untuk mendaftar sebagai peserta layanan bpjs ketenagakerjaan on line, meskipun sebagai pekerja harian lepas sekali pun. 

Baca juga : Yayasan Anak Indonesia Untuk Kesejahteraan Anak

Share ke media sosial
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •