trend bisnis 2018

Seiring kemajuan teknologi, digitalisasi mulai merambah berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah pola aktivitas bisnis. Jika semula dijalankan secara konvensional, kini teknologi mulai mengambil alih penerapan bisnis dan menjangkau pasar yang lebih luas. Sebagai contoh: toko offline yang mulai meluncurkan versi online-nya, atau layanan jasa tertentu yang berbasis aplikasi. Tentunya peran teknologi didukung oleh inovasi-inovasi segar dari para generasi milenial.

Perubahan-perubahan tersebut sudah kita lihat beberapa tahun ke belakang, tahun ini tentu akan lebih banyak kejutan lagi. Penasaran? Yuk, simak trend bisnis 2018 yang akan membawa kita ke zaman yang semakin baru dan maju.

  1. Berkembangnya Penggunaan AI (Artificial Intelligent)

Tidak usah jauh-jauh membayangkan tentang robot pelayan yang bisa melayani keluhan. Pernahkah Anda merasa bahwa halaman belanja online kesukaan mendadak menampilkan barang-barang yang sangat pas dengan selera Anda? Itulah pengaplikasian AI oleh situs bersangkutan.

Mereka mengamati perilaku Anda, kemudian mengolahnya dalam bentuk data. Dari sinilah mereka mengetahui secara spesifik tentang apa yang Anda inginkan dan sukai.

Dengan membaca kebiasaan online para pengunjungnya, mereka bisa memberikan rekomendasi yang tepat. Kalau sudah begini, bukan hanya pelanggan yang merasa nyaman, promosi penjual pun bisa semakin maksimal dan terarah.

  1. Otomatisasi di Berbagai Bidang

Teknologi secara natural membuat peran manusia berkurang, hal demikian adalah sesuatu yang tak terhindarkan. Pizza Hut mulai mengganti pelayan mereka dengan robot, Walmart mengganti 7.000 akuntan dan karyawan beberapa divisi mereka dengan software. Restoran cepat saji Wendy’s juga memangkas karyawan mereka yang bergaji paling rendah dengan robot. Semua langkah otomatisasi yang besar jika kita melihat kembali sejarah bisnis dunia.

Lantas, bagaimana Anda bisa memulai otomatisasi? Mengikuti trend bisnis 2018, Anda bisa meniru Walmart dengan memangkas pegawai finance menggunakan software akuntansi.

  1. Pengalaman di Atas Kualitas

Apa yang membuat Museum Es Krim di New York ramai? Tentu saja bukan karena rasanya yang enak luar biasa. Sekarang para pebisnis mulai menyodorkan sesuatu yang lebih menarik daripada sekadar kualitas: pengalaman. Alih-alih merasakan es krim yang enak, orang yang datang membeli pengalaman yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Ini adalah sesuatu yang layak Anda tiru dari trend bisnis 2018.

  1. Media Sosial yang Mengontrol

Bagi pelaku bisnis saat ini, media sosial adalah penentu yang sangat penting. Media sosial bisa menaikkan popularitas dalam sekejap, dan bisa meruntuhkannya dalam tempo yang tak kalah cepat. Itulah kenapa kontrol terhadap media sosial sangat penting. Anda harus mulai berpikir untuk menggunakan jasa social media manager professional, demi merangkul pelanggan dan calon pelanggan Anda melalui jejaring sosial.

  1. Live Streaming akan Mencapai Popularitas

Bagi Anda yang berbisnis di bidang konten digital, beberapa tahun ke belakang video merupakan tren yang berkembang pesat. Tak hanya memunculkan banyak idola baru (vlogger, Youtuber, dan video maker yang populer), video telah menjadi kunci dalam perkembangan bisnis karena bisa menjadi cara beriklan baru yang cukup efektif.

Riset Livestream.com, salah satu penyedia layanan streaming video menyebut bahwa 80% audience lebih suka menonton live video daripada membaca blog. Di tahun ini, perusahaan yang menggunakan teknologi live streaming memiliki kesempatan besar mendominasi industri yang mereka jalankan.

Trend bisnis 2018 di atas mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang. Namun, perkembangan teknologi akan selalu bergerak maju dan penggunanya pun bisa dipastikan semakin meluas. Tidak ada salahnya mempersiapkan diri bukan, daripada harus tereliminasi oleh zaman?

Baca juga: https://www.megajurnal.com/38-cara-meningkatkan-penjualan-website/

Share ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •