Cara Menanam Cabe Pelangi Hidroponik

Bercocok tanam hidroponik sangat menyenangkan bagi mereka yang sudah mengerti, tetapi bagi mereka yang pemula dan baru pertama kali ini adalah seperti sesuatu percobaan belaka. Bisa gagal atau berhasil, atau berhasil tetapi tidak maksimal. Begitu pula cara menanam cabe pelangi hidroponik , tidak jauh berbeda dengan menanam jenis tanaman lainnya secara hidroponik.  

Memang untuk memulai bercocok tanam Hidroponik membutuhkan perlengkapan dan peralatan yang boleh dibilang mahal. Tapi ini hanya di awal. Namun demikian peralatan dan perlengkapan tersebut hanya sekali beli saat diawal saja. Selanjutnya anda tinggal menggunakan ulang peralatan tersebut. Dalam hal ini ada peralatan yang sekali pakai dan harus di ganti baru, seperti media tanam. Oleh karena itu saya anjurkan agar membeli peralatan dengan kualitas baik agar tahan lama, seperti TDS meter dan PH meter serta Pot tanam berkualitas.

Hal yang menjadi perhatian dalam cara menanam cabe pelangi hidroponik adalah ini jenis tanaman buah berbeda dengan jenis tanaman daun. Berbeda pula cara dan perlakuan yang diberikan.

Pertama kita harus mengenali karakteristik jenis tanaman ini. Cara menanam cabe pelangi hidroponik pertama di awal pembibitan media tanam yang harus di siapkan adalah media tanam yang kaya akan Kalium dan Pospor serta unsur mikro tidak boleh ketinggalan. Untuk mengatasi ini gunakan nutrisi khusus untuk cabe, dimana komposisi unsur unsur didalamnya di maksimalkan untuk jenis tanaman cabe ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah sinar matahari. Paparan sinar matahari paling sedikit 8 jam sehari harus langsung mengenai cabe ini. Selain berfungsi untuk pertumbuhan juga sinar matahari ini berfungsi mengurangi penyakit pada cabe.

Walau begitu mesti sudah terpapar matahari 8 jam kadang masih saja penyakit datang juga dari sekitarnya. Oleh karena itu saya anjurkan untuk membersihkan sekitar tanaman cabe dari rumput rumput liar. Terutama dari tanaman terong, tomat, jeruk. Lebih baik lagi jika cara menanam cabe pelangi hidroponik ini diletakkan pada loteng atas rumah anda. Atau anda dapat menggunakan Green House, tapi rasanya kurang cocok untuk iklim Indonesia yang panas ini. 

Namun jika tidak memungkin kan anda dapat menggunakan pestisida khusus untuk  cabe ini. Semprotkan sesuai keadaan cabe dan cara pemakaian pestisida saja. Apalagi jika cabe pelangi hidroponik ini utamanya untuk tidak di konsumsi, misalnya cabe hias seperti bolivian rainbow dan lainnya yang terkenal itu.

Tahap selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah kadar ppm larutan nutrisi yang anda berikan sesuai pertumbuhan usia cabe. Saat pembibitan sebaiknya jangan diaplikasikan terlebih dahulu. Saat usia cabe mencapai 2 minggu atau 10 cm , aplikasikan larutan nutrisi dengan kadar 1000 ppm dan kadar PH jaga antara 6 ~ 7.  Perlahan saat usia cabe mencapai tinggi 15 cm ~ 25 cm tambah kadar nutrisi 1500 ppm, dengan menjaga PH tetap stabil di angka 6 ~ 7.  Saat cabe mencapai tinggi 25 cm ~ 30 cm biasanya saat memulai masa generatif, akan terlihat bunga bunga yang mulai bermunculan .

Tambahkan kadar nutrisi pada 2000 ppm ~ 2500 ppm sampai masa dimana buah cabe bermunculan. Pantau selalu kadar nutrisi antara 2000 ppm ~ 3000 ppm. Jangan kurang dan jangan melebihi batas tersebut. Kadang perubahan kadar nutrisi selalu terjadi didalam media pot yang digunakan. Untuk itu anda harus memeriksanya setiap hari dengan TDS meter.

Anda dapat melihat secara visual bentuk pertumbuhan cabe ini dan dapat pula mengukur nutrisi yang sesuai untuk cabe pelangi hidroponik ini. Dengan melihat kadar serap cabe terhadap nutrisi dalam larutan tiap hari. Normalnya anda harus menambahkan larutan nutrisi setiap hari sekali saja cukup. Sampai cabe ini tumbuh berbuah lebat dan bebas penyakit.

Baca juga: https://www.megajurnal.com/kegagalan-bercocok-tanam-hidroponik/

Share ke media sosial
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •