cara membuat Squishy

Pernah mendengar kata squishy? Pernah melihat gantungan kunci atau aksesori warna-warni yang bisa ditekan, lalu kempes dan kembali ke bentuk semula? Jika iya, itulah yang dimaksud dengan squishy, atau mainan mirip spons yang bisa dipencet-pencet, tapi kembali menggembung kembali. Cara membuat squishy mudah dan slow dan bahannya ternyata sederhana.

Di Indonesia, squishy belum begitu tenar dan hanya kalangan pengrajin saja. Berbeda dengan slime yang lebih umum digunakan anak-anak, squishy lebih menyasar ke kalangan remaja. Awalnya, mainan ini digunakan untuk lucu-lucuan saja seperti gantungan kunci. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, squishy berkembang pesat menjadi aksesori yang menarik.

Benda kecil yang bisa diwarnai sesuka hati ini bisa digunakan untuk hiasan rambut, baju, atau bahkan hiasan di meja dan dinding. Dengan kreativitas tertentu, squishy pun bisa dibentuk menjadi tiruan makanan atau benda lain yang unik. Kalau Anda penasaran seperti apa squishy dan bagaimana cara membuat squishy yang mudah, berikut beberapa cara yang bisa dipraktikkan.

  1. Cara Membuat Squishy dari Bahan Spons

Bahan spons dipilih untuk membuat squishy karena teksturnya yang mudah ditekan dan selalu kembali seperti semula. Dengan sedikit kreativitas, bahan spons yang biasanya hanya untuk alat cuci piring bisa menjadi unik dan bernilai jual tinggi. Berikut bahan dan cara membuat squishy dari spons.

Bahan dan Alat untuk Membuat Squishy Spons
  1. Bahan utama untuk pembuat squishy ini adalah spons. Anda bisa menggunakan spons untuk cuci piring atau spons untuk kursi yang bisa dibeli di toko mebel.
  2. Cat untuk pewarnaan dari bahan spons yang digunakan. Sebisa mungkin menggunakan cat timbul agar tekstur squishy menjadi lebih unik.
  3. Untuk membentuk pola, diperlukan lem yang mampu merekatkan bahan dengan kuat. Disarankan menggunakan lem silikon atau akrilik yang mudah sekali kering ketika terkena udara.
  4. Alat yang bisa digunakan untuk membuat squishy adalah gunting atau pemotong lainnya.
  5. Kuas wajib ada untuk memberikan pola pada spons yang telah digunting dan dibentuk.
  6. Spidol untuk menggambar pola pada spons.
Langkah-Langkah Membuat  Squishy Spons

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, lakukan langkah-langkah di bawah ini secara runut. Ulangi beberapa langkah jika Anda merasa ada kejanggalan. Biasanya kesalahan pada tahapan bisa memengaruhi hasil akhir dari squishy yang dibuat. Jadi, mari buat perlahan-lahan agar hasilnya maksimal.

  1. Sebelum melakukan pemotongan bahan spons dan melakukan perekatan dengan lem yang telah disediakan, Anda harus membuat pola terlebih dahulu. Pikirkan bentuk apa yang sekiranya bisa dibuat dengan mudah untuk mereka yang masih pemula. Disarankan untuk membuat pola kotak atau pola yang tidak terlalu ribet saat dipotong lalu diproses menjadi squishy.
  2. Setelah desain yang diinginkan dibuat, tahap selanjutnya adalah membuat pola pada spons. Untuk pola kotak-kotak mungkin Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah. Namun, jika ada pola lain seperti bulatan atau limas, lakukan dengan hati-hati.
  3. Pemotongan bisa segera dilakukan setelah semua pola terbentuk. Setelah dipotong dengan tingkat presisi yang tinggi, rekatkan bahan dengan lem sesuai dengan pola atau desain yang telah ditentukan. Tunggu lem mengering sebelum berlanjut ke tahan selanjutnya.
  4. Pastikan spons yang akan diwarnai dengan cat tidak basah atau kotor. Setelah semua hal dipastikan, Anda bisa langsung melakukan pewarnaan pada spons. Lakukan pewarnaan bertahap agar hasilnya memuaskan. Jangan sampai warna satu dengan lain tercampur.
  5. Gunakan kreativitas Anda dalam mewarnai dan membentuk pola. Jika sering membuat, bentuk-bentuk lucu bisa dibuat dengan mudah.
  6. Setelah semua cat mengering, squishy bisa langsung digunakan untuk aksesori baju, ditempelkan pada magnet kulkas, atau gantungan kunci.

 

  1. Membuat Squishy dari Bahan Spons Lem

Jika Anda suka dengan eksperimen baru dalam membuat squishy, disarankan menggunakan spons yang dicampur dengan lem. Dengan bahan ini, squishy yang dibentuk bisa beraneka ragam. Terpenting dari semuanya, squishy yang dihasilkan nanti jadi mudah diwarnai. Berikut bahan dan juga cara pembuat squishy spons yang dicampur dengan lem.

Bahan dan Alat untuk Membuat Squishy Spons dan Lem
  1. Bahan utama yang digunakan untuk membuat squishy ini adalah spons (sebisa mungkin spons yang dipakai untuk mebel) dan lem dengan merek Fox.
  2. Lem akrilik untuk menempelkan bahan.
  3. Untuk alat, dibutuhkan gunting, spidol, dan kuas untuk pewarnaan.
  4. Cat timbul bisa digunakan untuk pewarnaan, tapi bisa juga menggunakan pewarna makanan yang tidak berbahaya.
  5. Air panas secukupnya saja.
Langkah-Langkah Membuat Squishy Spons dan Lem
  1. Seperti pada cara sebelumnya, sebelum menggunting bahan sesuai dengan keinginan, ada baiknya membuat pola terlebih dahulu. Setelah semua pola terbentuk, Anda bisa langsung melakukan pemotongan bahan sesuai dengan selera.
  2. Manfaatkan lem akrilik untuk menempelkan bahan spons jika polanya tidak kotak saja. Gunakan kreativitas Anda untuk melakukannya.
  3. Buat adonan dari lem fox yang dicampur dengan air panas. Perbandingan antara lem dan air panas diusahakan sama agar tidak terlalu encer atau terlalu pekat. Aduk secara merata.
  4. Pisahkan adonan ke wadah kecil lalu beri pewarna sesuai dengan selera. Aduk secara merata dan ulangi untuk adonan lainnya.
  5. Setelah semua adonan selesai dibuat, ambil kuas dan oleskan pada spons yang digunakan untuk bahan squishy. Mainkan kreativitas Anda dalam membuat squishy agar hasilnya maksimal.
  6. Jemur bahan yang sudah diberi olesan di bawah sinar matahari hingga kering agar bisa segera digunakan.

Inilah beberapa cara membuat squishy yang bisa Anda praktikkan langsung di rumah. Selamat mencoba, siapa tahu bisa jadi ladang bisnis yang menguntungkan. Lumayan, kan?

Baca Juga :cara membuat slime yang unik dan aman untuk anak-anak

Share ke media sosial
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •