cara membuat dubsmash

Setiap saat, tren di media sosial selalu berubah. Ada tren mannequin challenge di mana semua orang pura-pura menjadi patung dan kamera bergerak mengelilingi. Lalu ada ice bucket challenge di mana seseorang akan disiram dengan seemberir es yang sangat dingin. Selanjutnya ada tren lip sync yang disukai oleh banyak orang. Membicarakan tren lip sync, kita tidak bisa melupakan sebuah aplikasi fenomenal bernama dubsmash. Dengan aplikasi ini, seseorang bisa membuat video lip sync yang unik, mudah, dan tentu saja menarik. Berikut uraian singkat cara membuat dubsmash selengkapnya.

Sekilas tentang Aplikasi Cara Membuat Dubsmash

Dubsmash adalah sebuah aplikasi pada ponsel pintar yang dibuat oleh Mobile Motion GmbH. Dalam tempo beberapa tahun saja, aplikasi lip sync paling laris di Android ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali. Bisa dibayangkan berapa antusiasnya masyarakat dunia untuk membuat video lip sync yang menarik.

Aplikasi ini memberikan banyak sekali potongan suara dari seseorang, iklan, acara TV, film, hingga potongan lagu. Dengan potongan lirik itu, pengguna bisa merekam menggunakan kamera depannya dan berlagak seperti sedang menyanyi. Siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini dan menggunakan suara yang bisa disesuaikan.

Pengguna bisa membuat video lucu-lucu yang langsung tersimpan di ponsel. Bahkan, bisa langsung diunggah ke media sosial seperti Instagram atau Facebook. Semakin unik video Dubsmash yang dibuat, semakin laris pula video itu akan dibagikan ke banyak pihak. Menjadi terkenal karena aplikasi ini, bukan sesuatu yang mustahil.

Cara Membuat Dubsmash

Video lip sync Dubsmash sebenarnya sangat mudah dibuat. Dalam hitungan detik saja, Anda bisa segera menyelesaikannya lalu mengunggahnya ke media sosial. Berikut beberapa cara yang bisa diikuti dengan runut agar hasil yang didapatkan jadi maksimal dan dibagikan ke media sosial oleh banyak orang.

  1. Mempersiapkan Ponsel yang Tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membuat video lip sync adalah mempersiapkan ponselnya. Usahakan ponsel sudah memiliki kamera terbaik pada bagian depan agar gambar terlihat cerah. Selanjutnya, RAM pada ponsel usahakan sudah di atas 1 GB. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepat pula proses pembuatan videonya.

Lalu, persiapkan memori pada ponsel. Karena ini video, pasti membutuhkan tempat yang cukup banyak. Kosongkan memori eksternal atau gunakan memori baru khusus untuk membuat video Dubsmash. Terakhir, cari ponsel dengan koneksi internet terbaik, jika bisa sudah LTE agar saat mengunggah video bisa berjalan dengan lancar.

  1. Mengunduh Aplikasi Dubsmash

Setelah ponsel memenuhi syarat awal untuk aplikasi Dubsmash, Anda bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store kalau menggunakan ponsel Android, dan App Store jika menggunakan gawai besutan dari Apple seperti iPhone dan iPad. Sebelum mengunduh, pastikan versi yang ada sudah kompatibel sehingga bisa digunakan dengan mudah.

Setelah mengunduh aplikasi Dubsmash, buka dan mulai jalankan semua fungsi yang ada. Telusuri semua komponen, cek daftar suara yang tersedia, cek fungsinya saat menggunakan kamera, dan juga aturan media penyimpanan. Setelah semuanya sudah dicek dengan benar, sekarang saatnya melakukan pendaftaran.

  1. Mendaftar ke Aplikasi Dubsmash

Setelah semua fungsi bisa digunakan, Anda bisa melakukan pendaftaran akun langsung pada aplikasi. Buka Dubsmash sekali lagi dan masuklah ke bagian pengaturan atau setting. Di sana, cari bagian register atau pendaftaran yang jadi satu dengan login. Klik bagian itu dan tunggu sampai halaman pendaftaran muncul.

Saat mendaftar, isikan alamat surel yang sering digunakan. Disarankan untuk menggunakan surel yang sama dengan media sosial. Selanjutnya isikan user yang diinginkan. Jika belum disetujui, ulangi lagi beberapa kali sampai ada tanda centang berwarna hijau pada sebelah kanan user. Isikan kata kunci yang sesuai dan juga umur. Klik daftar atau register untuk mengakhiri pendaftaran.

  1. Masuk Sebagai Pengguna dan Membuat Video Lip sync

Setelah pendaftaran selesai dilakukan, Anda bisa langsung masuk atau login ke aplikasi Dubsmash yang telah terpasang. Setelah masuk akan ada menu “Create Dub”  yang terletak pada menu. Setelah memilih itu, Anda akan masuk ke dalam daftar suara-suara yang sudah masuk. Dengarkan satu per satu suara yang ada dan pilih yang terbaik.

Jika Anda bingung mau memilih suara mana yang sesuai, coba gunakan menu “cari” pada bagian atas. Masih tidak menemukan yang pas, coba cari bagian trending di bagian samping. Biasanya ada banyak suara yang sedang digandrungi banyak orang karena sangat menarik dan kebanyakan unik. Setelah Anda menemukan yang pas, saatnya membuat video lip sync.

  1. Membuat Video Dubsmash

Setelah menemukan suara yang tepat, Anda bisa mulai melakukan rekaman. Dengarkan suaranya perlahan-lahan selama 2-3 kali. Kalau sudah mulai hafal dengan liriknya, mulailah melakukan rekaman. Menghafal lirik adalah syarat paling utama untuk mendapatkan video lip sync terbaik.

Lakukan rekaman selama beberapa kali. Jangan sekali buat langsung diunggah ke media sosial. Hal ini dilakukan agar lip sync yang Anda lakukan berjalan dengan baik dan sempurna. Anggap Anda sedang melakukan pengambilan gambar untuk sebuah video klip.

Semakin sering diulang dan meminimalkan kesalahan, semakin bagus pula video yang dihasilkan. Setelah video selesai dibuat, Anda bisa langsung menyimpannya pada ponsel atau membaginya. Disarankan untuk disimpan pada memori ponsel agar bisa diedit jika dibutuhkan.

  1. Merekam Suara Sendiri

Bosan dengan suara yang itu-itu saja pada basis data Dubsmash? Anda bisa merekam sendiri suara yang unik. Gunakan fitur perekaman suara yang ada. Kalau suara yang Anda rekam sangat unik, pemakainya akan semakin banyak. Lumayan kan hasil karya sendiri disukai oleh banyak orang?

Inilah cara membuat Dubsmash yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Selamat berkreasi dan semoga hasilnya bisa disukai oleh banyak orang.

Baca juga: Cara Membuat Doodle untuk Pemula yang Ingin Berkarya

Share ke media sosial
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •