Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Pemerintah Indonesia secara resmi membentuk BPJS Kesehatan pada tanggal 1 Januari 2014 silam. Maksud dari pembentukan lembaga asuransi kesehatan ini adalah untuk menjamin kesehatan semua warga di negeri ini. Dengan iuran setiap bulan dan juga subsidi silang, warga miskin sekalipun bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelasnya tanpa harus membayar terlalu banyak. Dengan jaringan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, BPJS Kesehatan berusaha memberikan yang terbaik bagi negeri ini. Untuk mendaftar dan mendapatkan pelayanan terbaik dari BPJS Kesehatan, masyarakat bisa melakukannya dengan dua cara. Pertama secara online dan yang kedua secara offline. Untuk penjelasan lengkap mengenai dua hal tersebut, simak cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri selengkapnya di bawah ini.

Dokumen untuk Syarat Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri

Baik secara online maupun offline, calon peserta BPJS Kesehatan harus mempersiapkan berkas yang ada secara lengkap. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pendataan dari pihak penyedia layanan dan agar pendaftar tidak bolak-balik untuk mengambil berkas yang kurang. Secara lengkap, berikut berkas yang diperlukan.

  1. Identitas yang berlaku. Pendaftar bisa menggunakan KTP, SIM, atau Paspor yang masih berlaku.

  2. Kartu keluarga terbaru. Saat ini, cara membuat BPJS Kesehatan harus dilakukan satu keluarga, kecuali ada yang sudah ikut perusahaan atau tidak ditanggung lagi oleh kepala keluarga yang masih berstatus PNS.

  3. Buku nikah bagi yang sudah punya.

  4. Salinan buku tabungan bagi penanggung biaya. Tentukan sedari awal, siapa yang akan menanggung semua biayanya. Pilihlah bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

  5. Pas foto sebanyak 1 lembar dengan ukuran 3×4.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Secara Offline

Pendaftaran secara offline dilakukan dengan mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat dari rumah. Bila calon pendaftar tidak mengetahuinya, bisa tanya ke fasilitas kesehatan terdekat seperti Puskesmas atau rumah sakit. Kumpulkan semua info yang ada baru datang ke kantor untuk melakukan pendaftaran secara langsung.

  1. Disarankan untuk mengambil formulir terlebih dahulu ke kantor BPJS atau fasilitas kesehatan. Hal ini dilakukan agar pendaftar bisa mempersiapkan berkas yang dibutuhkan.

  2. Menyiapkan berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran yang meliputi kartu identitas yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau Paspor. Selanjutnya salinan KK, pas foto terbaru dengan ukuran 3×4 1 lembar (siapkan lebih dari 1, jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi), salinan buku nikah, salinan rekening penanggung, dan iuran bulan pertama dengan kelas yang berbeda-beda. Untuk kelas 3 sebesar Rp25.500,00, kelas 2 sebesar Rp51.000,00, dan kelas 1 sebesar Rp80.000,00.

  3. Setelah semua berkas terkumpul secara sempurna, isi formulir pendaftaran BPJS Kesehatan yang diberikan oleh petugas. Isi semuanya dengan mendetail dan jangan sungkan bertanya jika ada yang tidak jelas. Pengisian ini harus dilakukan secara perlahan karena jika ada kesalahan data, pendaftar akan rugi di masa depan.

  4. Formulir dan berkas yang telah disiapkan akan kembali diperiksa oleh petugas sebelum dinyatakan benar dan sesuai.

  5. Pendaftar akan diberi rekening virtual oleh petugas. Rekening ini digunakan sebagai tempat transfer iuran pertama. Petugas akan menjelaskan bagaimana sistem kerja dan cara transfer yang benar.

  6. Pendaftar melakukan transfer di bank yang dipilih sesuai dengan nominal yang telah ditentukan sebelumnya. Jika memilih kelas 1 dengan anggota 3 orang, transfer yang dilakukan sebesar Rp240.000,00 (3 x 000,00).

  7. Setelah transfer dilakukan, pendaftar bisa langsung kembali ke kantor BPJS Kesehatan untuk menyerahkan tanda bukti transfer.

  8. Pendaftar bisa menunggu kartunya dicetak dan bisa segera digunakan ke fasilitas kesehatan terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Daftar BPJS Kesehatan Mandiri Secara Online

Cara kedua untuk membuat BPJS Kesehatan perorangan adalah dengan cara online. Pendaftar tidak perlu datang ke kantor cabang dari asuransi kesehatan ini. Yang diperlukan hanyalah mengisi formulir di depan komputer atau laptop yang dimilikinya. Berikut cara lengkap pendaftaran BPJS Kesehatan perorangan secara online.

  1. Masih sama dengan cara offline, pendaftar masih menyiapkan berkas-berkas yang ada dan beberapa tambahan. Identitas resmi baik berupa KTP, SIM, atau Paspor bisa disiapkan terlebih dahulu. Selanjutnya kartu keluarga atau KK yang masih berlaku, kartu NPWP bagi yang punya, dan alamat surel aktif yang masih digunakan.

  2. Pendaftar bisa membuka langsung halaman website dari BPJS Kesehatan dengan alamat www.bjps-kesehahatan.go.id, pilih tombol daftar untuk segera melakukan pendaftaran.

  3. Setelah membuka halaman ini, pendaftar akan diarahkan pada formulir yang harus diisi sesuai dengan berkas. Satu per satu bagian kosong dari formulir harus diisi tanpa boleh ada salah sedikit pun. Setelah semua berkas diisi, pendaftar bisa langsung memilih kelas dari asuransi yang diinginkan. Apakah kelas 1, 2, atau 3. Ingat, masing-masing kelas memiliki fasilitas kesehatan yang berbeda dan iuran yang berbeda pula.

  4. Jika semua data telah diisikan, pendaftar bisa langsung mendapatkan rekening virtual yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Pendaftar bisa melakukan pendaftaran di bank atau langsung melakukan transfer di ATM terdekat.

  5. Sistem akan bekerja secara otomatis dengan mengirim E-ID BPJS Kesehatan ke alamat surel yang didaftarkan. E-ID itu bisa dicetak lalu ditukarkan ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk dicetakkan kartu yang asli.

  6. Kartu bisa langsung digunakan atau biasanya menunggu 1-2 minggu terlebih dahulu.

Inilah cara Daftar BPJS Kesehatan Mandiri yang bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Mari menggunakan fasilitas terbaik dari pemerintah ini. Meski tidak berharap sakit, paling tidak sudah ada kartu yang menjamin kesehatan kita. Selain itu, iuran yang kita bayarkan juga bisa digunakan untuk membantu pihak lain dalam bentuk subsidi silang.

Baca juga: Mengendalikan Konsumsi Gula dalam Keseharian

Share ke media sosial
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •