beli domain dan hosting murah atau menggunakan yang gratis? Terkadang anda akan bingung memilih keduanya. Berikut ini adalah beberapa aspek yang bisa anda perhatikan sebelum mengambil keputusan.

Mengenai downtime
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika anda akan memilih apakah anda akan menggunakan hosting dan domain yang gratis atau berbayar. Salah satunya adalah mengenai downtime yang akan dimiliki oleh website anda. Downtime merupakan moment yang memungkinkan website anda tidak bisa diakses, hal ini merupakan salah satu hal yang perlu dihindari oleh sebuah website. Jika website anda sering mengalami down maka konsumen yang mencoba membukanya pada saat down akan mengalami sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan. Mereka akan mengeluh atau bahkan tidak akan kembali lagi untuk mengunjungi website anda.

Ketika mengalami downtime, website tentu akan terlihat mati atau bahkan membuat bisnis anda terlihat kurang profesional. Oleh karena itu, melihat betapa pentingnya sebuah downtime maka sebaiknya anda memilih menggunakan domain dan hosting yang berbayar. Pasalnya hosting yang berbayar biasanya memiliki downtime hingga 99.99% artinya downtime yang dimiliki hampir tidak ada sehingga konsumen anda dapat mengunjungi website anda kapan saja dan dimana saja.

Speed dan load time
Selain mengenai downtime memilih beli domain dan hosting murah atau menggunakan yang gratis juga bisa dilihat dari waktu untuk loading halaman. Pernahkah anda mengunjungi website yang memiliki waktu load yang sangat lama? Apa yang anda lakukan? Past sebagian besar meninggalkan halaman website tersebut dengan membuka website lain bukan? Lalu apa yang anda lakukan jika setelah membuka website lain anda tetap menemukan website tadi masih loading halaman yang anda inginkan? Pastinya anda akan segera menutupnya permanen bukan?
Dari pengalaman yang anda miliki saja anda tentunya sudah mengetahui bahwa membuka halaman website yang lemot dan lama membutuhkan kesabaran yang tinggi bukan? Hal ini juga tentunya dialami oleh konsumen anda. Jika anda menggunakan hosting yang gratis kemungkinan waktu load yang dibutuhkan akan sangat besar dibandingkan dengan waktu load yang dimiliki oleh hosting berbayar.

Baca Juga: 13 Trik dan Blogging Tips Sederhana Namun Penting Untuk Website Anda

Keamanan sistem dan data
Hal selanjutnya yang perlu anda perhatikan ketika akan memilih apakah akan menggunakan jasa hosting gratis atau beli domain dan hosting murah adalah mengenai keamanan sistem dan juga data yang anda miliki. Jika anda menggunakan jasa hosting yang berbayar, anda akan menemukan keamanan sistem yang lebih terjamin. Bukan hanya keamanan sistem yang lebih terjamin, anda juga akan menemukan data anda lebih aman karena adanya backup plan yang disediakan oleh jasa hosting dan domain yang berbayar. Jika anda sudah pernah terjun dalam dunia bisnis pastinya anda tahu betul pentingnya penyimpanan data dan kegunaan data di kemudian hari bukan?
Melihat dari 3 hal yang disebutkan sebelumnya, tentunya semuanya mengarah pada keuntungan beli domain dan hosting murah. Hal ini tentunya bukan merupakan hal yang dibuat-buat. Karena segala sesuatu yang gratis sesungguhnya hanya diberikan untuk trial bukan untuk komersial. Domain dan hosting yang gratis memiliki batasan-batasan yang akan membuat anda merasa kesulitan ketika anda membutuhkannya. Oleh karena itu jika anda akan membuat sebuah website untuk trial maka menggunakan hosting gratis cocok. Tapi jika anda akan menggunakan website untuk sesuatu yang komersial yaitu untuk bisnis maka beli domain dan hosting murah tentunya akan lebih baik dilakukan.

Share ke media sosial
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •