web download musik

Era mengantre demi mendapatkan kaset atau CD musik terbaru dari musisi kesukaan telah berakhir. Alih-alih membeli album fisik, platform musik online yang menjamur menyediakan pilihan baru yang mudah dan simpel untuk mendengarkan lagu kesukaan, yakni dengan cara streaming atau download musik. Web download musik berikut adalah alternatifnya.

Biasanya platform-platform digital semacam ini bekerja sama dengan para musisi untuk menjualkan lagu-lagu mereka secara online, dan tentu saja kita harus membayar untuk mendapatkannya. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan lagu-lagu secara gratis dan legal di internet. Tujuh web download musik di bawah ini menyediakan MP3 berkualitas tinggi tanpa berbayar, dan tentu saja tanpa melanggar hak cipta yang dimiliki si musisi. Apa saja?

  1. Jamendo

Semua lagu yang disediakan di situs ini didapatkan melalui lisensi Creative Common, artinya para musisilah yang memutuskan untuk memperdengarkan karya mereka pada publik secara gratis. Anda bisa mendapatkan pilihan lagu terbaru di Jamendo dengan membuka halaman ‘most popular’ untuk lagu paling populer, ‘most download’ untuk lagu yang paling sering diunduh, atau langsung mengetik nama musisi kesukaan Anda di kolom pencarian.

  1. NoiseTrade

Ada ribuan musik gratis dan legal yang disediakan oleh NoiseTrade. Biasanya, para musisi ini ingin menguji pasar dan ingin tahu apakah Anda menyukai musik yang mereka buat. Anda bisa memberi tip atau membantu mempromosikan lagu musisi kesukaan Anda kepada teman-teman terdekat.

  1. Free Music Archive

Anda juga bisa download musik secara gratis melalui FMA yang dikelola oleh WFMU, salah satu stasiun radio online. Semua musik yang ada di sini bisa Anda dapatkan secara gratis, bahkan tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Koleksi di Free Music Archive merupakan perpaduan antara lisensi domain publik dan lisensi Creative Commons.

  1. PureVolume

PureVolume merupakan salah satu dari puluhan situs musik yang memberikan kesempatan pada semua musisi yang ingin menggratiskan lagu mereka. Sama seperti di Free Music Archive, Anda bisa mendapatkan lagu-lagu kesukaan Anda di sini tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

  1. Amazon

Meskipun Amazon merupakan situs belanja online (yang harusnya berbayar), mereka ternyata juga menyediakan ribuan musik gratis dan legal. Anda bisa memilih lagu dan mengeklik tombol ‘free’ untuk menambahkannya ke dalam keranjang belanja Anda.

Setelahnya, Anda tinggal melakukan check-out seperti ketika berbelanja biasa, bedanya Anda tidak perlu membayar. Secara otomatis Anda akan dibawa ke Web Download Musik yang sudah Anda pilih.

  1. Internet Archive’s Audio Library

Internet Archive’s Audio Library menyediakan jutaan pilihan musik, audio, acara radio, dan yang paling terkenal adalah Live Music Archive yang mereka sediakan. Beberapa musisi yang karyanya bisa Anda nikmati secara gratis di sini antara lain Jack Johnson, John Mayer, Smashing Pumpkins dan Grateful Dead. Selain format MP3, mereka juga menyediakan file audio dengan format OGG.

  1. SoundClick

Portal utama untuk menemukan musik gratis langsung dari situs-situs artis yang bersangkutan adalah SoundClick. Lagu-lagu yang mereka sediakan biasanya sudah diberi izin oleh kreatornya untuk bisa diunduh oleh siapa pun secara gratis. Di dalamnya ada banyak sekali musisi, termasuk musisi indie hingga yang sudah memiliki label sekalipun.

Ada banyak cara untuk mendengarkan musik kesukaan, termasuk dengan cara streaming resmi, membeli album, atau dengan cara download musik mereka. Kalaupun Anda tidak punya cukup bujet untuk membayar lisensi, tidak ada alasan untuk berhenti mendukung sang musisi apalagi sampai membeli album bajakan. Web Download Musik gratis di atas bisa menjadi pilihan yang mudah, murah, dan tentu saja tidak melanggar hak cipta sang musisi.

Baca juga : https://www.megajurnal.com/cara-bisnis-online-tanpa-modal/

Share ke media sosial
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •