Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online Anda

0
865
cara meningkatkan penjualan toko online

Sebelum masuk pada cara meningkatkan penjualan toko online anda. Mari saya mulai artikel ini dengan mengajukan pertanyaan sederhana untuk anda. Jika anda memberikan kontrak untuk membangun rumah anda, kepada siapa anda akan memberikan? Seseorang yang baru anda kenal atau seseorang yang dipercaya, seperti teman dekat, kerabat atau saudara? Tentu saja jawabannya adalah seseorang yang bisa dipercaya, orang atau perusahaan yang anda secara langsung  percaya. Seperti yang anda tahu bahwa “Trust” adalah benar-benar penting dalam hidup dan itulah apa yang sebenarnya saya ingin menyebutkan di sini untuk membawa kesuksesan dalam cara meningkatkan penjualan toko online anda.

Hal ini mutlak diperlukan bagi website anda untuk menciptakan rasa kepercayaan, atau sebagian besar usaha anda akan sia-sia saja. Apakah anda pernah berpikir bagaimana menciptakan suasana kepercayaan untuk website anda? Jangan panik, sangat mudah cara membangun website dengan kepercayaan untuk pengunjung online anda. Asalkan anda sendiri menerapkan lingkungan yang demikian.

Seperti yang anda sudah tahu bahwa anda tidak mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. cara meningkatkan penjualan toko online dengan kepercayaan bagi pengunjung online anda tidak dapat dicapai hanya dengan satu tindakan. Kepercayaan dicapai oleh banyak tindakan kecil yang anda lakukan di seluruh situs web anda dan ketika hal tersebut dilakukan akan menghasilkan secara serentak, pengguna merasakan ketenangan, rasa kejujuran dan perasaan kepercayaan penuh untuk bisnis anda atas layanan yang anda berikan.

Kabar lain yang buruknya adalah bahwa hanya beberapa pemilik situs fokus pada cara membangun website dengan kepercayaan dalam benak pengunjung mereka. Jadi, jika anda melakukannya dengan baik, itu dapat menjadi keunggulan kompetitif yang nyata dan berkelanjutan untuk bisnis anda dan anda dapat membuat pesaing anda pergi dengan sendirinya.

Berikut adalah 38 cara meningkatkan penjualan toko online yang perlu anda terapkan.

  1. Desain website anda adalah kesan pertama. Pastikan itu adalah profesional dan relevan dengan materi dari website anda.

  1. Buatlah bagian menu navigasi secara intuitif. Jika pengunjung tidak dapat menemukan apa yang mereka cari dengan mudah, mereka akan mempertanyakan kompetensi anda dalam memberikan apa yang mereka inginkan. Menu navigasi berdasarkan kategori masing masing produk, artikel, jasa, servis, tempatkan pada bagian main header, dengan bold, huruf besar, gampang di temukan karena disinilah pengunjung memulai berlancar di website anda.

  1. Buatlah website dengan ciri khas dan sentuhan pribadi anda sendiri, karya anda dan suara hati anda sendiri. Bukanlah website anda tetapi isi dan luapan hati orang lain.

  1. Ikuti aturan “HEART” menciptakan konten online. (HEART ungkapan dari Honest(jujur), Exclusive( khusus), Accurate(akurat), Relevan(sesuai topik) dan Time (tepat waktu) ).

  1. Jangan gunakan proteksi pelacakan whois domain tools, agar pengguna dapat melihat data anda yang sebenarnya.

  1. Secara teratur menambahkan konten baru ke situs anda. Hal ini menunjukkan bahwa website ini hidup dan dikelola dan dibangun terus menerus.

  1. Tinjau semua link. Keraguan akan cepat terbentuk di benak pengunjung anda jika link tidak bekerja atau, lebih buruk lagi, jika membawa mereka kehalaman error melulu. Dalam hal ini anda harus rajin memeriksa webmaster tools anda.

  1. Gunakaan tata bahasa dan ejaan materi yang baik dan sesuai. Kesalahan penulisan akan memberikan kesan kecerobohan dan kurang keseriusan.

  1. Jangan membuat klaim keterlaluan dan sulit dipercaya, seperti “Baca blog ini dan Anda akan menjadi jutawan pada akhir minggu.” Hal hal yang digunakan untuk penipuan, cepat kaya, scam dan akan menuju pada kematian website anda.

  1. Publikasikan testimonial nyata dan dukungan pihak ketiga. Cobalah untuk selalu menggunakan nama asli dan link ke situs web terpercaya lain di mana mungkin. Beberapa website menampilkan pesan pesan testimoni yang dikirim oleh pelanggan yang merasa puas.

  1. Publikasikan studi kasus tentang pelanggan anda yang telah merasa terbantu, yang telah menggunakan dan membeli produk anda, jasa dan layanan anda secara nyata.

  1. Jangan tuliskan hujatan atau penghinaan kepada pesaing anda. Ini tidak profesional. Hal ini akan lebih baik jika caranya dengan menawarkan tentang perbandingan fitur dan layanan yang lebih kompetitif dari produk anda.

  1. Fokuskan selalu pada membangun reputasi jangka panjang anda, berikan kualitas produk dan layanan yang cepat dan terbaik. cara meningkatkan penjualan toko online yang memikirkan keuntungan sesaat akan cepat runtuh.

  1. Gunakan alamat rekening bank atas nama perusahaan anda bagi website yang menjual produk, jasa, servis, dan layanan.

  1. Membuat halaman ‘Tentang Kami’ atau ‘About Us’ dalam website anda yang menggambarkan siapa anda. Hal ini memainkan bagian penting dalam membuat pengunjung merasa nyaman bahwa orang yang nyata berada di belakang situs anda.

  1. Publikasikan foto-foto asli orang-orang kunci yang terlibat dengan situs anda. Sekali lagi, ini memperkuat fakta bahwa ada orang-orang benaran dalam website anda. Jangan gunakan foto orang lain atau kartun, atau sesuatu yang bukan diri anda dan team anda.

  1. Jelaskan identifikasi siapa di belakang situs. Tidak ada yang menciptakan lebih kecurigaan dari sebuah situs yang mencoba untuk menyembunyikan identitas penerbit nya. Jika itu adalah lembaga atau organisasi atau perusahaan, maka cantumkanlah nama, alamat, kontak email, telpon, semakin lengkap maka pengguna akan merasa aman, jika suatu saat ada yang perlu di sampaikan secara langsung. Di Eropa, itu merupakan persyaratan hukum untuk situs pengelola dana.

  1. Memberikan alamat email website terkait dengan domain website sendiri, tidak alamat dari layanan webmail gratis seperti Hotmail, Yahoo mail dan Gmail dan Layanan email gratis lainnya.

  1. Gunakan foto foto asli produk yang anda pasarkan, jika anda menggunakan foto foto  hasil editan untuk mempercantik tampilan produk maka suatu saat pasti ada hasil review negatif.

  1. Pikirkan baik-baik tentang iklan yang anda tampilkan di situs anda. Pastikan bahwa mereka relevan dengan subjek anda dan audiens website anda. Dan tempatkan pada posisi yang tidak melindungi konten asli.

  1. Buatlah website anda juga tampil di halaman media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya. Buatlah link kehalaman tersebut dan cantumkan pada halaman website anda. Sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan anda lebih luas.

  1. Menulis dan menerbitkan halaman “kebijakan dan keamanan”. Apa yang negara atur, tindakan yang anda ambil untuk memastikan bahwa semua transaksi berlangsung aman serta seberapa baik anda menangani data pelanggan. Buatlah yang jelas tentang apa yang akan dan tidak akan dilakukan dengan data pribadi yang anda kumpulkan. Negara yang membuat dan melindungi terhadap undang-undang perlindungan data pelanggan yang anda cantumkan. Buatlah mudah dibaca dan legal secara hukum.Pastikan bahwa anda memiliki kebijakan keamanan dan privasi yang tercantum pada footer setiap halaman. Membuat link lebih menonjol pada halaman order.

  1. Menampilkan nomor telepon customer service untuk fast respon setiap halaman, sehingga pengguna bisa menelepon dan berbicara dengan yang mewakili website anda. Berikan pilihan untuk jenis telepon rumah dan selular. Jangan gunakan nomer telepon mati dan tidak berfungsi.

  1. Dengan jelas mempublikasikan jaminan anda. Misal pihak pengelola website akan merekomendasikan membuat jaminan 100% uang kembali dengan syarat dan ketentuan yang sudah disepakati bersama. Jika pelanggan merasa tidak puas terhadap produk dan layanan yang di berikan. Jelaskan dan cantumkan tentang aturan dan kebijakan tentang pengembalian dana. Hal ini penting sekali dalam cara meningkatkan penjualan toko online anda sebagai tanggung jawab pemilik terhadap produk mereka.

  1. Jika Anda menggunakan PayPal, tempatkanlah logo PayPal di situs anda. Jika anda memiliki merchant akun layanan dengan bank besar seperti Citibank atau HSBC, BNI, BCA, dan yang lainnya, tempatkanlah logo tersebut di situs anda. Jika anda bekerja sama dengan jasa pengiriman barang JNE, TIKI, POS cantumkanlan logo pada halaman website anda. Tetapi jika anda tidak menggunakan layanan tersebut janganlah cantumkan logo tersebut. Asosiasikan dengan industri lainnya jika produk dan layanan anda berhubungan dan terikat perjanjian, maka menempatkan logo mereka di situs anda adalah hal yang bijak.

  1. Gunakan Google dan layanannya di situs anda karena dua alasan. Pertama, itu adalah solusi pencari besar yang akan membantu pengunjung anda menemukan apa yang mereka cari. Kedua, memiliki nama Google di situs anda menanamkan kepercayaan. Misalnya gmail, google plus, blogger, youtube, goolge drive, google adword, dan layanan lainnya.

  1. Buatlah fasilitas chatting selamat datang kepada pengguna anda di pojok kanan bawah agar pengguna merasa disambut kedatangannya, dan dapat didorong untuk sekedar bertanya tanya tentang website anda.

  1. Memiliki sebuah forum di situs anda dan merespon dengan cepat untuk pertanyaan. Memiliki sikap bahwa anda senang membantu orang lain tanpa menerima imbalan langsung. Seperti pepatah lama, ‘pemberi selalu mendapatkan.’

  1. Izinkan orang untuk mengomentari artikel dan konten anda. Interaktivitas dan pertukaran pandangan membangun komunitas dan rasa keterlibatan dan peduli pengguna terhadap website anda.

  1. Jika orang memberikan kritik konstruktif atau komentar di forum, tidak menghapusnya, tetapi berikanlah respon dengan sudut pandang anda, balas dengan hormat dan kata – kata sopan dan formal walaupun respon mereka negatif. Hindari menggunakan kata kata SARA dan hate speech.

  1. Gunakan kata-kata ”secured website’ (situs aman) setiap kali anda mencoba untuk mendapatkan informasi dari pengunjung, termasuk saat newsletter sign-up, forum input dan pembayaran.

  1. Pada setiap halaman, nyatakan, ” We take your privacy and security very seriously.” Yang dihubungkan dengan pernyataan kebijakan keamanan dan privasi.

  1. Jika anda menjual produk bersifat langganan, berikan penawaran murah, beri pilihan gratis selama seminggu. Ini bisa menjadi pencobaan bagaimana pengguna dapat merasakan manfaat produk, jasa, layanan yang anda jual, atau uji coba produk anda dalam bentuk trial lisensi. Jika berupa produk jual beli maka berikan diskon atau bonus sebagai tanda terimakasih untuk menarik simpati pelanggan baru.

  1. Dalam mengirim newsletter anda gunakan nama pengguna anda lengkap agar mereka merasa spesial, menggunakan kata “Hai” atau “Hai disana” akan menimbulkan kesan jauh dari spesial, email yang dikirimkan secara acak saja. Jika perlu atur newsletter pada saat hari hari penting dan ulang tahun pelanggan anda untuk menunjukkan agar mereka merasa begitu penting menjadi bagian website anda dan anda perduli terhadap pelanggan anda. Alangkah senang nya anda juga jika pada hari spesial anda setidaknya ada orang disana yang mengingat hari lahir anda bukan, meskipun anda tidak mengenalnya.

  1. Jika anda memiliki produk dengan mencantumkan harga , buatlah harga setransparan mungkin detailnya. Sehingga pelanggan anda tidak merasa di bohongi, buatlah rincian tentang harga dasar, besaran pajak, besaran biaya pengiriman, besaran biaya kemasan, dan total tagihan akhir yang mesti di bayarkan. Jika anda membebankan biaya ke anggotaan buatlah peraturan biaya tersebut tampak dan mudah ditemukan. Seringkali pelanggan malas untuk membaca bagian kebijakan dan privacy. Tetapi ini adalah strategi cara meningkatkan penjualan toko online anda.

  1. Buatlah newsletter sewajarnya, jangan terlalu intens mempublikasikannya. Kadang pengguna akan merasa bosan dengan email yang begitu intens masuk pada inbox akhirnya pelanggan akan unsubscribe dari newsletter anda.

  1. Izinkan orang untuk “berhenti berlangganan” dari milis anda. Hal ini mungkin terdengar   sangat jelas, tapi masih saja ditemukan banyak situs masih tidak mengikutinya. Seakan memaksa pelanggan untuk menerima email promosi. Banyak juga pelanggan yang merasa jengkel dan melaporkan hal ini.

  1. Tunjukkan bahwa website anda aman dengan SSL serifikat, selain untuk melindungi data pelanggan anda juga melindungi website anda dari serangan Hacker. Selain itu akan meningkatkan SEO page Rank website di mata Google. Pelanggan pun akan merasa tenang menyimpan data datanya pada website anda. Tingkatkan performa kecepatan akses website anda agar pengguna tidak cepat beralih. Untuk poin terakhir ini akan dibahas terpisah karena lebih pada sudut pandang security dan performa website anda.

Untuk memastikan bahwa anda terus-menerus mengusahakan bagaimana cara meningkatkan penjualan toko online anda, setiap kali anda pergi ke sebuah situs web, tanyakan pada diri sendiri apakah anda percaya atau tidak pada website yang anda kunjungi tersebut. Kemudian bertanya pada diri sendiri opini apa saja yang membuat anda kurang percaya pada website tersebut? Dan hal hal apa saja yang perlu di tingkatkan untuk kepercayaan pada website tersebut? Buatlah hal tersebut sebagai perbandingan cara meningkatkan penjualan toko online

Baca Juga : 12 Tip Membeli Software Online Aman

Share ke media sosial
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •